Selasa, 08 Oktober 2013

7 Penyebab Ketakutan & Kebimbangan

7 Penyebab Ketakutan & Kebimbangan

Yohanes 10:24-28
(24) Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: "Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami."

(25) Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku,

(26) tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku.

(27) Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,

(28) dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

Yesaya 41:10
(10) janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Markus 11:23
(23) Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya.

Pendahuluan
Pada dasarnya ketakutan dan kebimbangan sangatlah merugikan diri kita sendiri
(Bandingkan Yakobus 1:6-7
(6) Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.

(7) Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.)

Lukas 8:50
(50) Tetapi Yesus mendengarnya dan berkata kepada Yairus: "Jangan takut, percaya saja, dan anakmu akan selamat."

Iman dan ketakutan serta kebimbangan, tdklah pernah bisa berjalan bersama, dimana ada iman pasti ketakutan & kebimbangan menyingkir, sebaliknya dimana ada ketakutan dan kebimbangan imanpun akan segera menyingkir.

Kerugian dari ketakutan & kebimbangan
1. Ketakutan dan kebimbangan mengusir iman
2. Ketakutan dan kebimbangan merusak pikiran sehat
3. Ketakutan dan kebimbangan mencabut damai sejahtera
4. Ketakutan dan kebimbangan menghancurkan pergaulan dan keluarga.

Mengapa seorg hidup dlm ketakutan dan kebimbangan?
Apakah krn beratnya masalah dan persoalan hidup, serta besarnya tantangan yg hrs dilewati?? Jawabnya tegas TIDAK !!!
Lalu kenapa ???
1. Krn "mengentertaint" tuduhan serta intimidasi iblis.
2. Krn tdk memiliki bekal firman yg cukup.
3. Krn terlalu terfokus pada masalah.
4. Krn tdk menyadari SIAPA KITA dlm Kristus.
5. Krn LUPA akan janji janji Tuhan
6. Krn dibodoh bodohi oleh KESIMPULAN LOGIKA.
7. Krn kuatir dgn resiko iman, shg cenderung berpikir jalan kompromi.

Penutup
Roma 14:23
(23) Tetapi barangsiapa yang bimbang, kalau ia makan, ia telah dihukum, karena ia tidak melakukannya berdasarkan iman. Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar