Jumat, 28 Juni 2013

7 Keputusan yg salah dlm menghadapi masalah.

7 Keputusan yg salah dlm menghadapi masalah.

I Samuel 13:8-14
(8) Ia menunggu tujuh hari lamanya sampai waktu yang ditentukan Samuel. Tetapi ketika Samuel tidak datang ke Gilgal, mulailah rakyat itu berserak-serak meninggalkan dia.

(9) Sebab itu Saul berkata: "Bawalah kepadaku korban bakaran dan korban keselamatan itu." Lalu ia mempersembahkan korban bakaran.

(10) Baru saja ia habis mempersembahkan korban bakaran, maka tampaklah Samuel datang. Saul pergi menyongsongnya untuk memberi salam kepadanya.

(11) Tetapi kata Samuel: "Apa yang telah kauperbuat?" Jawab Saul: "Karena aku melihat rakyat itu berserak-serak meninggalkan aku dan engkau tidak datang pada waktu yang telah ditentukan, padahal orang Filistin telah berkumpul di Mikhmas,

(12) maka pikirku: Sebentar lagi orang Filistin akan menyerang aku di Gilgal, padahal aku belum memohonkan belas kasihan TUHAN; sebab itu aku memberanikan diri, lalu mempersembahkan korban bakaran."

(13) Kata Samuel kepada Saul: "Perbuatanmu itu bodoh. Engkau tidak mengikuti perintah TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu; sebab sedianya TUHAN mengokohkan kerajaanmu atas orang Israel untuk selama-lamanya.

(14) Tetapi sekarang kerajaanmu tidak akan tetap. TUHAN telah memilih seorang yang berkenan di hati-Nya dan TUHAN telah menunjuk dia menjadi raja atas umat-Nya, karena engkau tidak mengikuti apa yang diperintahkan TUHAN kepadamu."

Pendahuluan
Pada dasarnya, pencobaan dan masalah yg terjadi dlm kehidupan kita, tdk akan pernah melebihi kekuatan dan kemampuan kita.

Namun seringkali KEPUTUSAN SALAH yg kita ambil, akan memperberat dan memperumit masalah yg kita hadapi.

Akar keputusan yg salah
1. Sikap emosional
2. Tdk melibatkan Tuhan
3. Terpengaruh kebiasaan
4. Sikap arogan, egois dan kepala batu

Keputusan keputusan salah:
1. Keputusan utk menyerah, putus asa dan kecewa.
2. Keputusan utk menghalalkan segala cara.
3. Keputusan utk menutupi kesalahan dgn kesalahan lainnya.
4. Keputusan utk meninggalkan Tuhan serta pelayanan
5. Keputusan utk membenci, membalas dan mendendam
6. Keputusan utk mengeluh, bersungut sungut dan menyalahkan org lain.
7. Keputusan utk melarikan diri dari persoalan atau menghindar dari masalah.

Memperbaiki keputusan yg salah
Wahyu 2:5
(5) Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki dianmu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar